11 Perbedaan Pinjaman Online Legal dan Ilegal

Perbedaan antara pinjaman online legal dan ilegal dapat kita lihat, bagaimana ciri-cirinya? Pada artikel kali ini ngademin cocoTLogi.com akan membahasnya secara lengkap sampai tuntas untuk kamu, simak ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online atau pinjol adalah layanan pembiayaan yang disediakan oleh badan tertentu melalui online. Namun, tidak semua pinjaman online sudah terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga termasuk ke dalam kategori pinjol ilegal.

Sudah menjadi rahasia umum kalau saat ini banyak sekali masyarakat di Indonesia yang terjerat dan menjadi korban teror dari aplikasi pinjaman online ilegal. Kebanyakan dari mereka belum bisa membedakan antara pinjol ilegal atau legal yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Lantas, bagaimana cara membedakan antara pinjaman online legal dan ilegal? Simak selengkapnya berikut ini.

Perbedaan dan Ciri-Ciri Aplikasi Pinjaman Online Legal dan Ilegal

perbedaan-pinjaman-online-legal-dan-ilegal
Ilustrasi perbedaan aplikasi pinjaman online legal dan ilegal

Terkait dengan perbedaan antara pinjaman online ilegal dan legal, berikut ini merupakan ciri-cirinya:

1. Pinjaman online ilegal tidak memiliki izin yang resmi, sedangkan pinjol legal sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

2. Pinjaman online ilegal tidak memiliki identitas pengurus dan alamat kantor yang jelas. Sedangkan pinjol yang legal, mereka sudah memiliki kepengurusan dan alamat kantor yang jelas.

3. Mengenai pemberian pinjaman dana atau uang, pinjaman online ilegal lebih mudah di bandingkan dengan pinjol legal yang harus melakukan seleksi terlebih dahulu.

4. Pada pinjaman online ilegal, informasi terkait bunga atau biaya pinjaman dan dendanya tidak jelas. Sementara di pinjol legal, informasi biaya pinjaman dan dendanya jelas serta transparan.

5. Bunga atau biaya pinjaman tidak terbatas apabila memilih pinjaman online ilegal. Lain halnya dengan pinjol legal yang hanya membebankan biaya pinjaman maksimal 0,8 persen per hari.

6. Jika memilih untuk mengajukan di pinjaman online ilegal, maka total pengembalian termasuk dendanya tidak terbatas. Sementara pinjol legal maksimal pengembalian pinjaman yang sudah termasuk denda 100 persen sesuai dengan pinjaman pokok untuk pinjaman dengan tenor selama 24 bulan.

7. Pinjaman online ilegal bisa mengakses ke seluruh data yang ada di HP peminjam. Sedangkan pinjol legal, mereka hanya akan mengakses kamera, mikrofon, dan lokasi si peminjam saja.

8. Risiko yang bakal dialami oleh peminjam jika memilih untuk mengajukan pinjaman online ilegal, mulai dari ancaman teror psikologis seperti penghinaan, pencemaran nama baik, serta menyebarkan foto atau video pribadi yang tersimpan di dalam HP peminjam. Berbeda dengan pinjol legal, peminjam yang telat melunasinya setelah batas waktu 90 hari, maka akan masuk ke dalam daftar hitam (blacklist) Fintech Data Center, sehingga peminjam tersebut tidak dapat meminjam dana ke platform pinjaman online legal yang lainnya.

9. Pinjaman online ilegal tidak menyediakan layanan pengaduan, sedangkan pinjol legal memiliki layanan pengaduan konsumen.

10. Pinjol ilegal sering menawarkan pinjaman melalui spam pesan teks, WhastApp atau yang lainnya. Sedangkan pinjol legal, mereka justru sebaliknya tidak pernah menawarkannya melalui sms, WA, dan sebagainya.

11. Untuk aplikasi pinjaman online ilegal, pegawai atau pihak yang menagih tidak memiliki sertifikasi penagihan yang dikeluarkan oleh lembaga Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) atau pihak yang ditunjuk AFPI. Lain halnya dengan pinjaman online legal, jasa penagihnya harus memiliki sertifikasi penagihan yang diterbitkan oleh AFPI.

Kesimuplan

Setelah kamu mengetahui perbedaan antara pinjaman online ilegal dan legal, ngademin cocoTLogi harap kamu bisa membedakannya supaya bisa terhidar dari ancaman teror dan sebar data.

Apabila kamu sudah terlanjur mengajukannya, maka kamu bisa mengikuti tutorial yang ada di artikel kami sebelumnya, yaitu 

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan dan ciri-ciri pinjaman online legal atau ilegal. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Bagikan Review Pinjaman Online Versi Anda ke Pengguna yang Lainnya Disini !

Traktir ngademin agar tetap terus berkarya Link => Dana Traktir